Sejarah PPIT Harbin

Seiring dengan semakin banyaknya pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Tiongkok, khususnya di kota Harbin, pada pertengahan tahun 2013, sekelompok pelajar Indonesia yang berlokasi di kota Harbin mengadakan diskusi internal dan imemutuskan untuk membentuk suatu wadah ulur rembuk dengan bendera perhimpunan pelajar indonesia di Tiongkok. yang tidak lain merupakan embrio pertama pembentukan organisasi pelajar Indonesia di Harbin.

Dengan didorong oleh keingingan untuk memulai sebuah pondasi organisasi pelajar yang solid dan dinamis demi terwujudnya penguatan hubungan internal dan eksternal berlandaskan azas kebersamaan, akhirnya pada tanggal 19 Oktober 2013 diselenggarakanlah rapat umum atau musyawarah pelajar Indonesia pertama di Harbin dengan berlandaskan pada peraturan dan AD/ART Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT). Hasil dari rapat umum pertama ini memutuskan bahwa organisasi pelajar Indonesia di Harbin secara resmi tergabung kedalam organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) dan diberi nama PPIT cabang Harbin, yang seterusnya disahkan dengan surat keputusan (SK) PPIT Pusat bernomor 06/SKK/PPIT/XII/2013. Rapat umum pertama organisasi Harbin pelajar ini pun dilaksankan di Harbin Institute of Technology dan di hadiri oleh seluruh pelajar Indonesia di Harbin yang berjumlah 30 orang. Adapun pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di Harbin tersebar di beberapa universitas seperti Harbin Institute of Technology, Harbin Engineering University dan Harbin Normal University.

Kepengurusan PPIT Harbin 2020/2021

Visi : Terwujudnya PPIT Harbin yang dekat, responsif dan dinamis.

Misi :

  1. Membangun kekuatan kekeluargaan internal pengurus PPIT Harbin dan kedekatan dengan seluruh anggota PPIT Harbin.
  2. Meningkatkan peran PPIT harbin sebagai organisasi pelajar Indonesia di Kota Harbin.
  3. Memaksimalkan eksistensi PPIT Harbin sebagai wadah kreativitas anggota.
  4. Optimalisasi sumberdaya.
  5. Mewujudkan iklim kekeluargaan,apresiatif dan dinamis seluruh anggota PPIT Harbin.

Kabinet Teras

Kenapa dinamakan kabinet teras?

     Teras dalam bahasa Indonesia sendiri berarti bidang tanah yang lebih tinggi dari sekitarnya. Biasa sebagai landasan candi, istana, atau bangunan. Teras berpilar atau yang sering kita sebut pendopo biasa dijadikan tempat untuk berkumpul, berdikusi, pusat hiburan masyarakat dan kegiatan masal lainnya.

     Bagi kita sendiri umumnya teras menjadi  tempat pertama bagi kita menggijakan kaki sebelum keluar rumah. Disini makna teras bisa kita artikan menjadi tempat berkumpul dan langkah awal sebelum keluar dari ruang priadi kita ke lingkungan sosial yang lebih luas.

      Selain makna di atas dalam bukunya Henry Manampiring menjelaskan, bahwa ada satu aliran filosofi yang bernama Stoisisme dari kata dasar stoa mengajarkan kita untuk lebih fokus kepada variable variable yang bisa kita control dibandingkan kepada variable yang di luar kendali kita, yang apabila stoa dalam bahasa Indoensia disebut Teras.

      Hal ini dirasa sangat menggambarkan situasi sekarang ini. Dibandingkan untuk menyayangkan keadadaan dan segala keterbatasan situasi saat ini, PPIT Harbin akan lebih fokus untuk mencari kegiatan kegiatan yang bisa dilaksanakan secara maksilam pada situasi sekarang ini demi terwujudnya tujuan organisasi.